Cari Berita
Ibu Bianti Djiwandono, selaku penggagas dan penanggung jawab situs resmi PIRA sedang memberikan sambutan

PP PIRA Luncurkan Situs Resmi

person access_timeSelasa 04 September 2018 | 12:25 WIB

Garudayaksa.com, Jakarta - Perempuan Indonesia Raya (PIRA), organisasi sayap perempuan Partai GERINDRA (Gerakan Indonesia Raya) meresmikan kehadiran situs resmi (official website): www.pira.or.id, pada Jumat 31 Agustus 2018.

Acara yang dihadiri hampir sebagian besar pengurus inti PIRA, berlangsung di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai GERINDRA, Jalan R.M Harsono nomor 54, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Mereka yang hadir antara lain: Ketua Umum PIRA, dr. Sumarjati Arjoso, S.KM.; Ketua Harian PIRA, Dr. Ir. Endang S. Thohari DESS, M.Sc.; Bianti Djiwandono, Maryani Djojohadikusumo, dan Tanya Marinka Alwi, B.Fa; ketiganya anggota Dewan Pembina PIRA, dan sebagian besar pengurus dewan pimpinan pusat PIRA.

 

Tujuan Pira.or.id

Situs PIRA utamanya diajukan untuk membantu calon anggota legislatif (caleg) perempuan – baik itu caleg DPR RI, DPRD I maupun DPRD II Partai GERINDRA- khususnya yang berada jauh dari pusat pemerintahan: kota Jakarta. Lewat situs ini mereka bisa saling mengenal, menyapa dan menulis serta membaca berbagai opini atau pendapat resmi Partai Gerindra terhadap satu topik atau isu tertentu yang sedang hangat dibicarakan.

Selain itu, situs ini juga dibuat untuk mendorong keterpilihan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada masa bakti 2019-2024.

Pendapat-pendapat dalam situs ini dikemas dalam tulisan opini yang ditulis oleh beberapa pakar dalam bidangnya. Sejauh ini para penulis kolom adalah: Edhy Prabowo, MM., MBA (Wakil Ketua Fraksi GERINDRA DPR RI dan Ketua Komisi IV DPR RI); Edriana Noerdin (Peneliti dan Pegiat Isu Perempuan Indonesia, Direktur Women Research Institute); Sawedi Muhammad (Pengamat Isu Lingkungan dan Tambang), Agnes Marcellina (Politisi Perempuan dan Penggerak Agrobisnis di Garut); Lista Hurustiati (Politisi Perempuan dan Ahli Hukum KDRT); Imelda Bachtiar (Peneliti, Penulis kolom dan buku terkait Isu Gender, Sejarah, Memoar serta Biografi Tokoh).

Selain tulisan opini, ciri utama situs yang membedakannya dengan yang lain, adalah wawancara khusus dengan para caleg perempuan yang turun dalam bentuk audio visual (video), maupun paparan tanya-jawab. Tentu saja, berbagai konten terkait caleg perempuan ini baru dapat dilihat tampilannya pada akhir September. Yaitu, saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memberi lampu hijau untuk para caleg dan capres-cawapres berkampanye secara resmi.

Tentu saja, karena kemunculannya ke publik, situs ini juga dapat dimanfaatkan oleh media massa sebagai suara resmi Partai Gerindra. Khususnya suara organisasi sayap perempuan partai: PIRA.

 Bianti Djiwandono dalam sambutannya menyatakan, yakin bahwa situs PIRA ini nanti akan terus berkembang dan menjadi wadah informasi dan sarana komunikasi yang mumpuni dalam menyambut tahun politik 2019. Situs ini juga dianggap mampu menjadi pendorong dalam memenangkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

 

Bentuk dan Rubrikasi Situs Pira.or.id

Situs PIRA ditampilkan sebagai situs berita dengan penekanan pada tulisan-tulisan opini, karangan khas (feature), wawancara mendalam (indepth interview) dan foto jurnalistik (journalistic photo).  

Sementara ini adalah 8 (delapan) rubrikasi yang telah ditampilkan, yaitu:

1. Beranda.

Tulisan salam selamat datang untuk pengunjung situs ini.

2. Tentang Kami.

Bagian yang memuat nama dan foto-foto Dewan Pembina, Dewan Penasihat dan Dewan Pengurus Pusat PIRA.

3. Prabowo Subianto: Kenal, Kiprah dan Karya.

Mini biografi dan kumpulan tulisan tentang Calon Presiden (2019-2024) Prabowo Subianto. Seperti judul rubrik ini, ada tiga hal yang ingin disampaikan. Pertama, mengenalkan lewat biografi singkat, siapakah Prabowo Subianto. Kedua, apa kiprahnya selama ini. Ketiga, apa karyanya yang sudah dapat dibuktikan dalam berbagai peliputan media massa. Dalam perkembangannya nanti, Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno juga akan memiliki rubrik sendiri dalam situs ini.  

4. Perempuan Wakil Rakyat.

Wawancara panjang dengan perempuan-perempuan politisi Partai Gerindra yang pernah duduk di DPR RI dari tahun 2009 sampai sekarang.

5. Wawancara Caleg Perempuan.

Wawancara singkat dan video visi perempuan-perempuan politisi Partai Gerindra yang akan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPR RI 2019-2024.

6. Opini.

Tulisan pakar di bidang tertentu tentang suatu isu yang menjadi haluan Partai GERINDRA. Tulisan-tulisan pada bagian ini bisa digunakan sebagai bahan kampanye secara populer atau pun media massa dapat menggunakannya dalam tulisan mereka. Tentunya dengan menyebutkan sumbernya.

7. Galeri
Kumpulan foto-foto terbaik dan eksklusif yang diambil langsung dari spot kejadian peristiwa. Foto-foto ini selain dapat digunakan oleh para caleg, juga dapat digunakan oleh media massa dengan penyebutan sumbernya.

8. Kegiatan.

Isi bagian ini adalah berbagai kegiatan PIRA yang aktual disertai foto dan ulasan singkat peristiwa.

 

Pengelola Pira.or.id

Bianti Djiwandono (penggagas dan penanggungjawab)

Imelda Bachtiar (penulis, penyunting dan koordinator penulis)  

Sarifah Sutalaksana (video documentary in interview and reporting)

Agnes Marcellina (penulis)

Dinnar Ajeng Ravianti (photo documentary in interview and reporting, asisten koordinator)

Hery Eko (information and technology- IT)

Muhammad Akmal Latang (information and technology-IT)

 

Link Halaman Situs

www.pira.or.id

 

Informasi Kontak dan Email Situs Pira.or.id

Dewan Pimpinan Pusat Partai GERINDRA lantai 1, Jalan Harsono R.M. nomor 54, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Telepon: (021) 7823328.

Email: infokompira@gmail.com

folder_openAssigned tags

Komentar