Cari Berita
Anggota Banggar - Bambang Haryo

Bambang Haryo: Rakyat Kecil Harus Didorong untuk Sejahtera

person access_timeRabu 29 Agustus 2018 | 13:23 WIB

Garudayaksa.com, Surabaya - Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Bambang Haryo Soekartono menekankan agar para penyelenggara negara dapat mendorong masyarakat kecil menuju sejahtera. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan memaksimalkan serapan dana transfer daerah. Selain itu, pemerintah wajib menyediakan lapangan kerja kepada masyarakat.

 

“Benar apa yang dikatakan Pak Gubernur Jawa Timur, rakyat kecil harus kita dorong agar mereka bisa hidup dan mendapatkan pekerjaan. Sesuai dengan udang-undang, pemerintah wajib bisa memberikan lapangan kerja kepada masyarakatnya,” papar Bambang usai pertemuan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Banggar DPR RI dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, di Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/8/2018).

 

Politisi Partai Gerindra itu menilai serapan transfer dana daerah di Jawa Timur saat ini lebih baik dibanding dengan sebelumnya. Namun di sisi lain, ia menyayangkan Dana Desa masih terserap lambat. Padahal seharusnya Dana Desa bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bisa mewujudkan swasembada pangan dan menghidupkan perekonomian pedesaan. 

 

“Serapan transfer daerah, saya pikir ini masih lebih baik dari pada transfer daerah yang sebelumnya. Termasuk Dana Desa terserap lambat sekali. Tadi juga saya sampaikan, Dana Desa itu betul-betul digelontorkan targetnya swasembada pangan dan targetnya menjadi desa yang modern,” ungkap Bambang.

 

Para kepala daerah memiliki peran penting dalam mengoptimalkan APBN dan APBD bagi kesejahteraan rakyat di daerahnya. Hal ini mengingat pemerintah pusat telah mengalokasikan dana ke daerah untuk meningkatkan kesejahteraan, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mengurangi kemiskinan di daerah.

 

“Tugas dari pemerintah mengarahkan Dana Desa untuk kesejahteraan rakyat. Sehingga masyarakat yang ada di desa sejahtera semua. Mereka dipekerjakan, pertaniannya menjadi bagus. Ini yang perlu diperhatikan oleh pemerintah,” tandas politisi dapil Jatim itu.

 

folder_openAssigned tags

Komentar