Cari Berita
Novita Wijayanti

Dalam Rangka Menjaga Kedaulatan Pangan di Banyumas, Novita Wijayanti Lakukan Pembangunan Embung

person access_timeSelasa 07 Agustus 2018 | 19:00 WIB

Garudayaksa.com, Purwokerto - Dalam kunjungan kerja perorangan pada masa reses masa sidang V Anggota Komisi V DPR RI Hj. Novita Wijayanti SE., MM dan team Novita Center berkesempatan mengunjungi desa Datar di kecamatan Sumbang Kabupaten Purwokerto.

Dalam kesempatan tersebut Hj. Novita Wijayanti, SE., MM di damping oleh Camat Sumbang Bapak Drs. Nungky Harry Rachmat, M.Si dan Kades Desa Sumbang Bapak Warsito,   Dalam sambutannya.  Politisi Gerindra ini menjelaskan bahwa Embung Desa yang merupakan Program dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Hal ini juga telah dipertegas oleh peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2017 Soal Prioritas Program Pembangunan Desa 2018, ujarnya dalam keterangan kepada Garudayaksa.com

Program pembangunan embung di desa Datar ini  disambut baik oleh warga masyarakat Desa Datar. Data Kementerian Desa menyebut, dari total 15 ribu desa prioritas pembangunan saat ini terdapat 7.440 desa yang sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur air untuk mengairi area persawahan yang mereka miliki.

Dimana Pertanian adalah bidang utama yang menghidupi desa-desa tersebut. Sehingga pembangunan embung menjawab persoalan sebagian besar desa. Hanya dalam beberapa bulan prioritas ini dikampanyekan, sudah 628 embung yang terbangun di berbagai desa se-Indonesia. Ini menunjukkan betapa embung memang sangat dibutuhkan bagi warga masyarakat di pedesaan. 

Program ini juga mendapat dukungan kuat dari Kementerian Pertanian. Hingga saat ini sebagian besar desa di Indonesia memang masih menjadikan bidang pertanian sebagai tumpu dalam menghidupi ekonomi warga. Dari 74.754 desa di seluruh Indonesia, sebanyak 82,77 persen hidup dari lahan pertanian. Dari jumlah itu sebagian besar baru bisa panen 1,4 kali dalam setahun.

Sebabnya, karena kekurangan air. Karenanya embung menjadi prioritas desa-desa itu. Pemenuhan kebutuhan air bakal menciptakan lompatan ekonomi karena mereka bisa meningkatkan volume dan hasil pertanian.Ditargetkan, dengan memiliki embung desa-desa itu bakal bisa panen sebanyak tiga kali dalam setahun.

Aspirasi Kontituen yang disalurkan oleh Hj. NOVITA WIJAYANTI, SE., MM untuk tahun 2018 melalui KEMENDES adalah.

  1. Program Prukades
  2. Program Penguatan BUMDES
  3. Program EMBUNG Desa

 

Ia pun menegaskan bahwa sasaran yang ingin dicapai disalurkan ini merujuk kepada  Program Unggulan Kawasan Pedesaan (PRUKADES) ini bertujuan mensiasati terciptanya unggulan desa. Artinya, desa harus mampu menemukan keunggulan utama yang menjadi fokus bagi desa itu dalam membangun dan Membangun Badan Usaha Milik Desa yang akan menjadi kendaraan dalam mengelola keunggulan desa dari sisi ekonomi dan keuangan serta Pembangunan embung sebagai penunjang bagi pengairan irigasi dan bagi Ketahanan Pangan, tutupnya

 

folder_openAssigned tags

Komentar