Cari Berita
Wakil Ketua Komisi X DPR RI - Sutan Adil Hendra

Sutan Adil: Jangan Takut Biaya, Asal Mau Berusaha, Kuliah Bisa Memanfaatkan Dana Beasiswa

person access_timeJumat 13 Juli 2018 | 10:47 WIB

Garudayaksa.com, Jakarta - Pimpinan Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan Sutan Adil Hendra (7/7) tidak menampik anggapan mahalnya biaya perkuliahan di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Namun hal ini bisa di atasi jika mahasiswa yang bersangkutan gigih dalam mencari beasiswa.

Menurutnya PTN atau PTS sekarang telah menerapkan sistem baru dalam proses penerimaan mahasiswa baru, dengan perubahan sistem tersebut, PTN menyediakan berbagai bantuan maupun subsidi terhadap keterbatasan finansial calon mahasiswanya. Setelah diterima, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di kampus semakin terbuka lebar, sehingga setiap individu senantiasa dapat belajar di PTN tanpa harus terbebani biaya.

Dalam perjalanannya, PTN selalu mengusahakan agar keterbatasan finansial tidak membatasi mahasiswa untuk belajar dan berkarya. Bahkan untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini, DPR memiliki target minimal 30 persen dari seluruh mahasiswa tingkat sarjana bebas dari Biaya Pendidikan di Muka (BPM) dan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan per Semester (BPPS), jelasnya.

Mahasiswa-mahasiswa ini dijaring dari berbagai program, seperti BIDIKMISI dari Depdiknas, Beasiswa PPA, Beasiswa OSN, Beasiswa Biaya Pendidikan, dan Beasiswa Ekonomi Lemah yang sebagian besar terintegrasi dalam sistem SNMPTN.

Bagi peserta SNMPTN yang berasal dari golongan ekonomi menengah, kita DPR mengharapkan kampus sudah menyediakan koridor tersendiri. Untuk para calon mahasiswa yang masuk ke dalam golongan tersebut, ITB menyediakan subsidi BPM sebesar 25%, 50%, dan 75% sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing.

Bahkan menurut Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI ini Setelah masuk PTN dan PTS, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa makin terbuka lebar. bahkan Kampus kita dorong memiliki divisi khusus yang menangani pelayanan permohonan beasiswa bagi mahasiswa (loket beasiswa). Berkat reputasinya yang baik, banyak pihak yang mempercayakan beasiswa untuk diberikan kepada mahasiswa baik PTN maupun PTS.

Secara umum beasiswa ini dibagi ke dalam empat kelompok: beasiswa ekonomi, beasiswa prestasi, beasiswa ikatan dinas, dan beasiswa bagi mahasiswa baru. Yang diperlukan dari seorang mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa hanyalah ketekunan untuk mengikuti arus informasi, yang salah satunya bisa didapatkan dari website pemerintah dan lembaga donor, dan kesabaran dalam proses pengurusan beasiswa.

Selain dari beasiswa, para mahasiswa juga memiliki banyak sumber-sumber keuangan lain. Dalam lingkungan kampus, banyak sekali kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk bekerja secara profesional sebagai asisten mata kuliah, asisten laboratorium, pengawas ujian, panitia acara-acara besar kampus, bahkan administrator untuk sistem informasi kampus dengan imbalan yang sesuai. Selain itu, dengan seringnya penggalakan semangat entrepreneurship di kalangan mahasiswa, tidak jarang ditemukan mahasiswa yang merintis usaha sendiri dan mendulang sukses.

folder_openAssigned tags

Komentar