Cari Berita
Ferry Juliantono, Wakil Ketua Umum DPP Gerindra

Ferry Juliantono: Gerindra Berpeluang Rebut Posisi PDIP

person access_timeKamis 28 Juni 2018 | 19:24 WIB

Garudayaksa.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono, mengungkapkan, lewat pilkada serentak partai Gerindra punya peluang besar untuk merebut posisi PDIP. 

"Bagi Partai Gerindra, momen ini menjadi peluang untuk menggeser PDIP sebagai partai terbesar," kata Ferry di Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Ia mengatakan, peluang PDIP untuk menguasai pilkada serentak di kawasan Jawa sangat tipis. Ferry mengatakan juru selamat PDIP adalah elektabilitas Joko Widodo (Jokowi).

Namun, Ferry mengatakan kali ini faktor Jokowi menjadi penyelamat PDIP dalam pilkada serentak sangat kecil. Sebab, berbeda dengan pemilihan presiden 2014, Ferry melihat elektabilitas Jokowi saat ini terus turun.  "Dulu kebetulan saja ada faktor Jokowi sehingga elektabilitas PDIP 18 persen," kata Ferry.

"Tapi elektabilitas Jokowi sekarang terus turun maka PDIP pun juga dipastikan akan terpengaruh," sambungnya.

Ketua DPP Partai Amanat Nasioal (PAN) Yandri Susanto mengatakan pilkada di Pulau Jawa jadi lampu kuning bagi Presiden Jokowi jelang Pilpres 2019. Sebab, kata dia, PDIP sudah kalah dalam pilkada Banten dan juga DKI beberapa waktu lalu, ditambah lagi, pulau Jawa tak berhasil dikuasai.

"Pertama pilkada ini pasti jadi taruhan Pak Jokowi, Banten sudah kalah, DKI sudah kalah. Kali ini, Jabar dan Jatim kalah juga. Ini maka lampu kuning buat Pak Jokowi," kata Yandri di Jakarta.

Dia menjelaskan kemenangan Jokowi di Pilkada 2018 hanya didasari oleh pasangan calon yang diusung oleh partainya saja yakni PDIP. Sebab, mantan Gubernur DKI Jakarta itu dan partai pemerintah menggunakan strategi dua kaki.

Anggota komisi II DPR ini juga memprediksi, jika keseluruhan Pilkada 2018 dimenangkan di luar partai pemerintah, maka Jokowi akan kalah di Pilpres 2019. 

"Jadi pilkada khususnya di Pulau Jawa ini adalah pertarungan buat Pak Jokowi dan kalau keputusan hasil suara semuanya dimenangkan oleh di luar pemerintahan maka saya kira Pak Jokowi akan kalah di 2019," ungkapnya. 

folder_openAssigned tags

Komentar