Cari Berita
Katherine Oendoen anggota Komisi VII DPR

Katherine Oendoen Desak Pemkab dan Pemkot Tingkatkan Koordinasi Ke Pemprov Untuk Jaga Stok Bahan Pokok

person access_timeSelasa 05 Juni 2018 | 10:58 WIB

Garudayaksa.com, Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Kalbar, Katherine Oendoen mendesak Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota untuk meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat untuk menjamin stok bahan kebutuhan pokok jelang hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Hal ini guna menyikapi kenaikan beberapa bahan kebutuhan pokok seperti telur, ayam dan beberapa bahan pangan lainnya di beberapa pasar tradisional.

“Pengawasan untuk menjamin ketersediaan mutlak harus dilakukan agar harga tidak melonjak tinggi,” ungkapnya, Senin (4/6/2018).

Ia tidak menampik tingkat permintaan bahan-bahan kebutuhan pokok terus meningkat intensitasnya dari hari ke hari jelang lebaran.

Tidak jarang, kondisi itu dimanfaatkan oleh para spekulan untuk meraih keuntungan besar melalui cara tidak wajar.

“Untuk menghindari hal ini, lakukan pengawasan hingga ke tingkat pengecer,” terangnya.

Ia berharap pembentukan satuan tugas (satgas) pemantau distribusi pangan yang berisi perwakilan dari para pemangku kepentingan dan instansi terkait perdagangan bisa menjamin kestabilan pasokan bahan kebutuhan pokok.

“Aparat kepolisian harus proaktif mencegah spekulan yang mungkin memanfaatkan kesempatan jelang Lebaran. Beri tindakan tegas bila terbukti melanggar,” imbuhnya.

Politisi Gerindra ini juga mendesak Pertamina jaga ketersediaan gas elpiji (LPG) bersubisidi di daerah 3T (Tertinggal, terluar, terdepan) di wilayah Kalbar. Pertamina harus mengevaluasi distribusi gas bersubsidi dengan seksama. 

“Kelangkaan gas elpiji harus jadi pengalaman agar tidak terulang kembali,” tukasnya. 

folder_openAssigned tags

Komentar