Cari Berita
Sufmi Dasco Ahmad, Ketua MKD DPR RI

Sufmi Dasco Sarankan Masa Berlaku Paspor 5 Tahun Saja

person access_timeKamis 31 Mei 2018 | 15:47 WIB

Garudayaksa.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM saat ini tengah melakukan kajian mengenai kemungkinan penambahan masa berlaku paspor dari 5 tahun menjadi 10 tahun.

Menanggapi hal tersebut, Politisi Partai Gerindra DR. Ir. Sufmi Dasco Ahmad, SH, MH menyarankan jika masa berlaku Paspor sebaiknya tetap 5 tahun. 

“Terkait paspor itu kan mau 10 tahun masa berlakunya, tadinya 5 tahun. Kalo menurut saya lebih baik 5 tahun, yang pertama pendataan itu kalo 5 tahun lebih valid daripada jangka berlaku 10 tahun,” Ungkap Ketua MKD DPR RI ini kepada Garudayaksa.com

Legislator asal Banten ini juga menyoroti perkembangan teknologi yang semakin canggih khususnya banyak disalahgunakan untuk pemalsuan Dokumen, Paspor.

“Teknologi makin canggih, kemudian teknologi pemalsuan makin canggih, saya pikir seharusnya paspor kita itu memang paling lama 5 tahun, karena tingkat security nya dari paspor itukan harus di tingkatkan,” tegasnya.

 Menurut Dasco, Ditetapkanya masa berlaku paspor menjadi 10 tahun akan membuat pamasukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  Peruri merugi atau berkurang pemasukanya.

“PT Peruri akan berkurang pemasukanya, karena nyetaknya 10 tahun sekali. Kalo 10 taun terlalu lama, kerena katanya bikin paspornya aja lama” tutup Waketum Gerindra ini.

folder_openAssigned tags

Komentar