Cari Berita
Adi Kurnia berbincang dengan Sandiaga Uno

Gerindra Minta Pemrov DKI Bina PKL Kanal Banjir Timur

person access_timeSelasa 09 Januari 2018 | 12:49 WIB

Garudayaksa.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta diminta ikut untuk turun tangan dalam membina ribuan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di sepanjang jalan inspeksi Kanal Banjir Timur (KBT) di wilayah Kelurahan Pondok Bambu, Jaktim.

Penataan tersebut ditujukan untuk membuat nyaman berbagai pihak, meliputi pedagang, pembeli, warga setempat maupun pengguna lalulintas.

Pendapat tersebut diutarakan langsung oleh Ketua DPC Gerindra Jakarta Timur Adi Kurnia Setiadi pada saat rapat bersama kader di kantor DPC Jalan Kol. Sugiono, Minggu (7/1/2018).

Dirinya berpendapat bahwa lokasi yang bersebelahan dengan Jl Kolonel Sugiono, Kel. Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit ini, hampir setiap malamnya dimanfaatkan ribuan PKL menjual aneka produk barang maupun kuliner.

Pengunjung yang datang pun begitu banyak. Menurutnya, disamping membeli barang, para pengunjung juga datang untuk menikmati keindahan KBT yang membentang luas dan panjang.

“Saya usulkan kepada Gubernur Anies dan Wagub Sandiaga untuk menata kawasan dan membina pedagang agar lebih hebat,” ujar Adi.

Disampaikan Adi, jika selama ini ribuan PKL yang belum terbina oleh pemerintah, tiap hari melakukan bongkar-pasang lapak yang cukup menyita energi mereka.

“Kalau mereka dibina dan difasilitasi lahan dan tempat berdagang, maka akan kelihatan lebih rapi dan menguntungkan bagi semua pihak. Selain itu juga dibuatkan lokasi parkir yang layak sehingga tidak mengganggu arus lalulintas,” ujarnya yang juga menjanjikan jika partainya akan memperjuangkan harapan PKL masuk dalam program pembinaan pemerintah.

Menurut Adi, kawasan jalan inspeksi dari Persada hingga Pasar Gembrong tersebut sangat strategis menjadi tempat berjualan maupun bersantai.

“Lokasi itu tiap malam berubah jadi pasar malam yang sangat ramai dan meriah, namun sayangnya pemerintah belum turun tangan untuk menata menjadi lebih nyaman sebagai pusat belanja rakyat,” kata Adi yang juga menjadi bendahara DPP Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI).

Menurutnya, usulan dari kader Gerindra ini sangat rasional dan mengutamakan kepentingan rakyat kecil. “Kawasan Pasar Tanah Abang saja bisa ditata menjadi lebih bagus, tentunya kawasan KBT juga bisa digarap maksimal,” ujarnya.

Adi juga berharap Anies-Sandi dapat mengembangkan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata air.

“Di situ kan terdapat KBT yang luas dan ditanggul pakai sheet pile yang kokoh, airnya lumayan bersih sehingga sangat memungkinkan untuk dijadikan tempat rekreasi air. Misalnya ditaruh sejumlah perahu atau pelampung supaya warga bisa menikmati sungai dan muncul kepeduliannya untuk menjaga kebersihan,” pungkasnya.

folder_openAssigned tags

Komentar