Cari Berita
Ahmad Riza Patria, Wakil Ketua Komisi II DPR

Gerindra Optimis Isu SARA Berkurang di Pilkada

person access_timeSelasa 02 Januari 2018 | 11:53 WIB

Garudayaksa.com, Jakarta - Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria mengatakan isu suku, ras, agama dan antargolongan (SARA) serta kampanye hitam lainnya akan berkurang di Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019.

"Kami yakin dan optimis, politik SARA kedepan makin berkurang tentunya mengingat kedewasaan masyarakat kita," kata Riza, Senin (1/1/2018).

Wakil Ketua Komisi II DPR ini menjelaskan masyarakat Indonesia sekarang makin cerdas berpolitik dan berdemokrasi, apalagi Indonesia merupakan negara terbesar demokrasi ketiga di dunia.

"Politik kita semakin tahun semakin baik, masyarakat kita juga semakin dewasa, cerdas berpolitik," ujar Ketua DPP Gerindra ini.

Namun, Riza mengingatkan kepada pemerintah untuk terus menjaga agar suasana penyelenggaraan Pilkada Serentak pada 2018 nanti tetap kondusif dan aman.

"Kepada KPU dan Bawaslu memasuki tahapan pilkada dan pemilu, tentu KPU punya tugas menjaga integritas, kompetensi tidak kalah penting KPU harus terus memahami aturan UU yang baru dan bisa mengimplementasikan di lapangan dengan Peraturan KPU yang sudah dibuat," tandasnya.

Untuk diketahui, KPU RI sudah menetapkan tanggal pencoblosan Pilkada Serentak 2018 yaitu pada 27 Juni 2018. Rencananya, ada 171 daerah yang mengikuti Pilkada 2018.

Dari 171 daerah tersebut, ada 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada di 2018. Beberapa provinsi di antaranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pilkada serentak tahun 2018 akan lebih besar daripada Pilkada sebelumnya.

Sedangkan, tahun 2019 akan dilakukan penyelenggaraan Pemilu baik pemilihan calon anggota legislatif maupun pemilihan calon presiden dan wakil presiden.

folder_openAssigned tags

Komentar