Cari Berita
Supratman Andi Agtas, Ketua Badan Legislasi DPR

Fraksi Gerindra Tetap Minta Tambahan Dua Kursi di Pimpinan DPR

person access_timeJumat 29 Desember 2017 | 11:36 WIB

Garudayaksa.com, Jakarta - Ketua Badan legislatif (Baleg) DPR, Supratman Andi Agtas mengatakan, ‎dirinya tidak menginginkan apabila pimpinan DPR dan MPR jumlahnya genap. 

Pasalnya, kata Supratman, saat nanti menentukan satu keputusan akan bisa buntu tidak menemui satu kesepakatan. Hal itu, tentu tidak akan terjadi apabila jumlah pimpinannya ganjil.

"Pada prinsipnya, saya setuju kalau pimpinan itu bertambah dua. Karena kalau genap membuat proses pengambilan keputusan di tingkat pimpinan bermasalah," ujar Supratman saat dihubungi, Kamis (28/12).

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini juga berharap, yang mendapat jatah bukan hanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) saja. Melainkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga perlu mendapatkan kursi pimpinan. “Idealnya itu dua, PKB bersama dengan PDIP," katanya.

Anggota Komisi III DPR ini juga mengaku, setelah masuk masa sidang pada Januari 2018 nanti, Baleg akan membahas bersama pimpunan fraksi di DPR. Hal itu dilakukan untuk mencari berapa jumlah pimpinan. Apakah ganjil atau genap.

“Tetap akan dikompromikan lagi dengan fraksi-fraksi yang lain," pungkasnya.

Sekadar informasi, Anggota Baleg DPR, Ar‎sul Sani mengatakan, semua fraksi sudah sepakat bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan diakomodir keinginannya menempati posisi di pimpinan DPR.

Hal tersebut dilakukan karena partai yang dikomandoi oleh Megawati Soekarnoputri tersebut merupakan pemenang di Pemilu 2014 silam. Namun, sampai saat ini Baleg belum mendapatkan berapa jumlah pimpinan yang akan ditambah.

Diketahui, saat ini pimpinan DPR pun berjumlah lima. Dengan perwakilan dari Partai Golkar, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

folder_openAssigned tags

Komentar