Cari Berita
GKSB Jepang-Indonesia

Aryo Djojohadikusumo Pimpin Pertemuan Grup Kerjasama Bilateral (GKSB) DPR RI dengan Parlemen Jepang

person access_timeSelasa 19 Desember 2017 | 18:49 WIB

Garudayaksa com, Jakarta - Anggota Komisi VII DPR RI, Aryo Djojohadikusumo, yang juga Ketua Grup Kerjasama Bilateral (GKSB) DPR RI - Parlemen Jepang, hari ini, Selasa (19/12) menyambut kedatangan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang, Mr. Iwao Horii di Gedung Nusantara III – Kompleks Parlemen, Jakarta.

Dalam sambutannya, Aryo menyampaikan bahwa (GKSB) DPR RI berharap pertemuan kali ini dapat mempererat tali persahabatan dan kerjasama antara Indonesia dan Jepang dalam berbagai bidang. Turut hadir dalam forum tersebut anggota GKSB DPR RI - Parlemen Jepang, Fary Djemi Francis dan Sjarifudin Hasan juga beserta pejabat Sekretariat Jendral BKSAP DPR RI.

Politisi dari Fraksi Gerindra ini juga mengatakan bahwa Jepang merupakan salah satu mitra strategis bagi Indonesia, begitu pula Indonesia terhadap Jepang. Aryo menceritakan bagaimana saat Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe pada awal tahun ini menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjungi setelah dilantik kembali menjadi Perdana Menteri. “Hal ini menunjukkan betapa strategis hubungan kedua negara”, ungkap Aryo.

Ponakan Prabowo Subianto ini juga mengungkapkan bahwa DPR RI sangat mendukung kerjasama yang telah dibangun oleh kedua negara selama ini, terutama kerjasama-kerjasama pembangunan yang membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyat di kedua negara.

&ldquo Kami berharap ke depannya hubungan bilateral Indonesia dan Jepang dapat lebih ditingkatkan lagi di berbagai bidang , tidak hanya di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi di bidang infrastuktur, tetapi juga meningkatkan hubungan antara people to people di bidang pendidikan, sosial budaya dan kerjasama bidang pertanian”, tambahnya kepada Garudayaksa.com

Ia pun menyambut baik perayaan  Indonesia dan Jepang yang akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik pada tahun 2018 nanti. Serta  berharap kedua parlemen yaitu DPR RI dan National Diet of Japan dapat terlibat dalam momentum bersejarah ini.

Dalam sambutannya tersebut, Aryo juga menyinggung issue terkait nuklir Korea Utara, Indonesia mendukung penuh setiap langkah yang diambil oleh Jepang dalam mewujudkan perdamaian di kawasan Asia. Indonesia sendiri menaruh perhatian mendalam terkait hal ini dan DPR RI akan selalu mendukung upaya penyelesaian ketegangan nuklir melalui implementasi resolusi-resolusi Dewan Keamanan maupun Majelis Umum PBB.

&ldquo Melalui kesempatan ini, kami juga mengajak Pemerintah dan seluruh warga Jepang untuk mengecam segala bentuk aksi unilateral yang dilakukan oleh Amerika Serikat dalam upaya menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota negara Israel”, tandas Aryo.

“Terkait konflik Israel-Palestina kami memandang solusi dua negara adalah solusi yang mutlak untuk diwujudkan dan kemerdekaan Palestina menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penyelesaian konflik ini. Kami berharap Jepang mendukung upaya penyelesaian konflik Israel-Palestina secara damai dan mendukung kemerdekaan negara Palestina”, tutupnya.

 

folder_openAssigned tags

Komentar