Cari Berita
lenong betawi ngumpul

Lestarikan Budaya, Politikus Gerindra Gelar Lenong Betawi Ngumpul

person access_timeSabtu 09 Desember 2017 | 12:39 WIB

Garudayaksa.com, Depok.

Dalam mensosialisasikan perundang-undangan baru tentang kemajuan budaya, Ketua Dewan Kesenian Depok, H. Nurodji melakukan pagelaran penampilan kesenian Perkumpulan Lenong Depok, di Lapangan Pemuda, Cinere, Kota Depok, Sabtu (9/12/2017) dinihari.

Menurut H.Nurodji, penampilan Lenong Depok ini sudah yang kedua kalinya di Depok. Tujuan dalam penampilan Lenong Depok ini adalah sebagai melestarikan budaya asli Depok yaitu Lenong Depok, sekaligus ikut andil melakukan sosialisasi Undang-Undang tentang Kemajuan Budaya yang baru diresmikan pemerintah pusat.

“Pemerintah pusat baru meresmikan UU No.5 Tahun 2017 pada April kemarin, isinya adalah tentang memajukan kebudayaan secara bersama dengan pemerintah. Sebagai seniman khususnya asli Kota Depok, kami mendukung Undang-Undang yang ada salah satu bentuk melestarikan budaya sebagai bagian dari kemajuan bangsa,”ujarnya kepada Poskota usai nonton bareng bersama Forkompika, masyarakat penampilan Perkumpulan Lenong Depok di Lapangan Pemuda Cinere.

Selain itu sebagai penggagas dalam pembuatan UU Kebudayaan, Nurodji yang juga menjabat anggota DPR RI Komisi 10 Fraksi Gerindra bidang seni dan budaya ini sangat begitu peduli terhadap kemajuan budaya dan seni di Nusantata khususnya Kota Depok.

“Sebagai warga Depok asli tentunya ikut peduli dalam melestarikan nilai budaya dan seni yang ada di Depok. Selama ini pemerintah daerah masih kurang peduli terhadap kebudayaan, hal ini ditindai tidak ada minimnya gedung kebudayaan yang bisa digunakan para seniman,” tuturnya.

Nurodji melanjutkan, wilayah Provinsi Jawa Barat merupakan daerah yang masih minimnya tidak memiliki gedung kebudayaan salah satunya Depok.

“Untuk Depok ada gedung seni di Depok 2 yang dibangun pemerintah daerah namun belum maksimal dan masih belum lengkap untuk digunakan. Sehingga perlu ada dorongan pemerintah daerah dalam melestarikan budaya seni sebagai salah satu kemajuan bangsa,”tuturnya.

folder_openAssigned tags

Komentar