Cari Berita
Anggota Komisi IX DPR RI - Syuir Syam

Gerindra : Hampir Seluruh Obat-Obatan di Indonesia Merupakan Hasil Impor

person access_timeKamis 30 Nopember 2017 | 17:36 WIB

Garudayaksa.com, Jakarta - Fraksi Gerindra DPR RI mengadakan diskusi publik dengan tema “Strategi Pengembangan Pelayanan Kesehatan Tradisional Menuju Bangsa yang Sehat” di Ruang Rapat Banggar Lama Komplek DPR RI, Kamis (30/11)

Anggota Komisi IX DPR RI, Syuir Syam yang memberikan pandangannya terkait dengan pengobatan tradisional yang masih menemui banyak hambatan, terutama dari pelayanan kesehatan konvensional.


"Kita melihat bahwa pelayanan kesehatan tradisional masih banyak menemui tantangan, terutama tantangan-tantangan dari pelayanan kesehatan konvensional. Hal ini mungkin dikarenakan dasar ilmunya, sehingga untuk menyatukan dua mazhab ini sangat sulit sekali,” ungkapnya dalam diskusi, Kamis (30/11/2017).

Dalam hal ini, perlunya evaluasi, dan perlunya dilengkapi masalah pendidikan kesehatan tradisional ini. Baik pendidikan kedokteran konvensional, maupun pendidikan kesehatan tradisional.

Indonesia sendiri sangat kaya akan bahan-bahan obat dengan ramuan jamu-jamuan herbal, serta tumbuh-tumbuhan dan dengan ilmu turun temurun mengenai pengobatan tradisional yang sudah terbukti ampuh dan berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

"Dilain pihak, kita masih mengimport obat-obatan yang sangat mahal, terutama bahan baku obat, yang mayoritas sebagian besar lebih dari 90 persen itu di impor dari luar negeri yang harganya mahal dan menjadi pengobatan kita. Di Indonesia ini menjadi sangat mahal, akibatnya BPJS anjlok dan rugi besar," tutup Politisi Gerindra yang berprofesi sebagai dokter ini.

folder_openAssigned tags

Komentar